Mengapa Harga Jual Mobil Toyota Murah Sekarang Ini

Mobil Toyota tentu sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Sejak tahun 2008, produsen mobil ini mendominasi pasar dengan seri Innova dan Avanza. Sampai saat ini mobil seri tersebut masih laku keras. Tapi mengapa walaupun populer harga jual mobilnya jadi murah sekarang? Apa penyebab harga jual mobil Toyota murah ini?

Alasan Penurunan Pamor Mobil Toyota

Jika Anda ingin jual mobil, di tahun – tahun sebelumnya, harga mobil Toyota memang stabil dan jarang anjlok. Tapi di pertengahan 2019 sampai awal 2020 ini, perubahan sepertinya banyak terjadi. Mobil Toyota memang masih bagus, tapi permintaan dari pasar sepertinya sedikit berkurang. Hal ini bahkan sudah dikonfirmasi pihak Toyota Trust saat wawancara dengan wartawan otomotif dari GridOto.com.

Penurunan ini disebabkan oleh beberapa hal yang saling berpengaruh satu sama lain. Beberapa pengaruh ini ada yang berupa efek regional, tapi juga ada yang efeknya menyeluruh nasional. Untuk mengetahui faktor pengaruh ini dengan lebih baik, mari bahas satu per satu di bawah ini!

Munculnya Model Baru dari Beberapa Seri Mobil Toyota

Faktor pertama yang cukup berpengaruh adalah berita munculnya model baru dari beberapa mobil Toyota. Sebagai contoh Avanza memiliki versi baru pada pertengahan 2019. Hal ini jelas membuat mobil second untuk Avanza seri sebelumnya turun jauh harganya. Kebanyakan orang pencari mobil second, lebih memilih menunggu mobil Avanza versi 2019.

Pengaruh Bencana Alam dan Cuaca Buruk

Faktor yang kedua ini lebih dikarenakan masalah di ibu kota Jakarta. Sebagai daerah paling pada di Indonesia, mobil Toyota yang tersebar di sini tentu saja tidak sedikit. Kebanyakan mobil second yang akan dijual di sini telah melewati masalah banjir pada awal 2020 lalu. Masalah banjir membuat banyak mobil yang kondisinya baik jadi bermasalah.

Persebaran penurunan harga ini juga berpengaruh pada banyak mobil second Toyota lain dari Jakarta. Banyak orang yang memandang mobil dari daerah ini semuanya kena efek banjir. Hal ini membuat mobil second Toyota Jakarta tidak laku walaupun kondisinya masih bagus. Para penjual terpaksa jual mobil Toyota murah agar pembeli tidak lari.

Para Pembeli Mobil Mulai Menyebar Pilihannya

Faktor lain adalah perkembangan selera publik soal mobil. Tentu pilihan SUV dan MPV masih di dominasi Toyota, tapi karena pengguna mobil merek ini sudah banyak, pihak pembeli banyak yang ingin punya yang berbeda. Gerakan para konsumen ini sudah mulai berjalan sejak 2017 dan pada akhir 2019 dominasi Toyota sudah tidak sebesar dulu.

Banyak pembeli sekarang lebih hati – hati mencari mobil dan tidak sekedar ikut apa yang populer. Hal ini membuat Daihatsu, Nissan dan bahkan DFSK yang merupakan merek niche mobil China mendapat penambahan unit dari tahun ke tahun.

Apakah Anda Kemungkinan Harga Jual Toyota Murah Bisa jadi Mahal Lagi?

Kemungkinan masih ada, tapi hal ini lebih melibatkan mobil – mobil Toyota seri baru. Sekarang ini mobil yang serinya baru keluar 2019 dan 2020 masih hot dan banyak orang tidak ingin menjualnya. Tapi 2 atau 3 tahun ke depan, seri baru ini akan menempati harga jual yang sama dengan mobil Toyota di akhir 2018 yang harga jualnya masih tinggi.

Bagi Anda yng ingin membeli mobil second, lebih disarankan tunggu minimal 2 tahun untuk beli. Hal ini memastikan Anda bisa beli versi baru dari mobil Avanza ataupun Innova yang Anda tunggu. Jika memang tidak bisa menunggu, harga versi baru dari Toyota juga tidak terlalu mahal, jadi Anda tidak perlu takut beli baru sekalian.

Nah, bagi Anda yang ingin menjual mobil second Toyota Anda, sayangnya semakin lama menunggu, harga mobil Anda akan makin turun. Lebih baik Anda lepas sekarang walaupun harus turunkan harga. Hal ini lebih baik daripada harus merugi lebih banyak mengurusi mobil yang tidak laku – laku. Gunakan hasil penjualan ini nantinya untuk membeli mobil baru yang diprediksi para ahli otomotif memiliki harga stabil.

Sekian bahasan mengenai harga jual mobil Toyota murah yang terus terjadi beberapa bulan terakhir. Mudah – mudahan bahasan ini menambah wawasan dan berguna bagi Anda. Terima kasih sudah membaca!

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *