Tips Jual Mobil Online yang Efektif

Jika ingin jual mobil secara online, tentu Anda berharap laku cepat. Internet membuat koneksi antara penjual dan pembeli menjadi lebih dekat, tentunya hal ini lebih menguntungkan bagi Anda. Sayangnya, saingan juga bertambah. Jika ingin laku cepat, ikuti saja tips – tips berikut ini!

Pastikan Merekam Tampilan Baik Mobil

Jika ingin banyak orang tergoda dengan mobil yang Anda jual, pastikan koleksi sebanyak mobil foto atau video mobil Anda. Pilah video dan gambar yang menunjukkan tampilan paling baik dan taruh di website bersama dengan tawaran mobil. Gambar visual adalah hal yang paling berpengaruh untuk menarik orang untuk tertarik membeli.

Sebagai rekomendasi, pastikan mobil mendapatkan permak, cuci bersih dan bahkan cat ulang agar tampilannya kembali seperti baru. Tampilan eksterior biasanya menjadi penilaian paling pertama oleh para pembeli. Jadi jika tampilan luarnya baik, banyak pembeli yang tidak terlalu cek soal kondisi internalnya.

Jangan Tutup – Tutupi Kondisi Mobil

Saat menawarkan mobil di internet, jangan sekali – kali menutupi info soal mobil Anda. Hal yang paling penting saat jual beli online adalah kepercayaan antar pihak yang bersangkutan. Semisal Anda memberikan info bohong dan pembeli datang langsung survei, Anda bisa ketahuan serta kehilangan kepercayaan mereka. Jika sudah kejadian, rumor yang tersebar bisa membuat Anda akan makin sulit menjual mobil.

Agar hal ini tidak terjadi, pastikan bicara sesuai kenyataan, tapi gunakan bahasa yang menjual. Jadi walaupun apa yang Anda katakan adalah hal yang negatif untuk kondisi mobil, orang tetap tertarik membelinya. Sebagai contoh, Anda menyatakan mobil pernah rusak terkena banjir dan ganti beberapa parts untuk bisa berjalan lagi. Dalam kata – katanya, tambahkan bahwa berkat perbaikan kondisi sudah kembali lancar dan mirip seperti baru. Kata – kata ini tentu tetap membuat orang tertarik walau diletakan untuk menyatakan kondisi mobil yang negatif.

Sesuaikan Harga dengan Dinamika Pasar

Setiap harinya, harga pasar untuk mobil second tentu bisa berubah. Hal ini harus Anda perhatikan sebagai pihak yang jual mobil. Jika Anda terlambat menyesuaikan harganya, tentu Anda bisa rugi atau malah kesulitan untuk menjual.

Sebagai contoh saja, saat 2018, harga Toyota Avanza masih cukup tinggi di pasar second. Tapi di pertengahan 2019, harganya perlahan menurun. Mengapa demikian? Hal ini karena pada akhir 2019 akan muncul Avanza versi baru. Banyak orang tentu tidak lagi memperhatikan versi yang lama dan lebih ingin memiliki versi baru ini.

Dalam kondisi tersebut, jika Anda tidak menurunkan harga sesuai dengan pasar, bisa saja mobil Avanza bekas Anda tidak akan laku. Seperti yang Anda tahu, mobil second yang tidak segera terjual, nilainya akan terus menurun. Jadi daripada keluar harus mengurusi mobil yang nilainya turun ini, lebih baik sesuaikan harganya agar tetap bisa terjual cepat.

Jika Memungkinkan, Tampilkan Catatan Service Mobil dari Pihak Resmi

Jika Anda ingin tampil lebih terpercaya saat menjual mobil second, pastikan cantumkan foto catatan service mobil di website penjualan. Catatan service biasanya diberikan pada pihak yang selalu rutin melakukan servis di dealer resmi. Dalam catatannya, staff servis akan mencatat berbagai perbaikan, masalah dan info penting lain tentang mobil. Informasi dari profesional dan juga pihak dealer resmi ini, tentu valid dan lebih dipercaya daripada keterangan kondisi dalam deskripsi saja.

Sediakan Layanan dan Komunikasi Baik

Walaupun menjual secara online, Anda tetap harus mempertahankan komunikasi. Cantumkan kontak dan keterangan lain pada page website jual mobil Anda. Hal ini memastikan Anda mudah dihubungi untuk deal ataupun sekedar pembeli cari informasi lebih.

Saat melayani pembeli yang cari info, jangan ketus walaupun mereka hanya tanya – tanya. Siapa tahu mereka masih menimbang dan berkat layanan baik Anda, bisa jadi deal. Karena itu, walau tidak bertemu langsung, lakukan layanan sebaiknya agar pamor Anda sebagai penjual terlihat positif.

Bagaimana menurut Anda soal tips – tips jual mobil secara online di atas? Mudah – mudahan dengan bahasan ini Anda jadi terbantu dan dapat menjual mobil dengan lebih cepat. Terima kasih sudah membaca dan selamat mencoba tips – tipsnya!

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *