Tips Jual Mobil Second dengan Harga Tetap Tinggi

Ingin jual mobil second dengan harga tinggi? Untuk hal ini, mari bahas tips – tips di bawah ini yang tentunya bisa membantu Anda mewujudkan tujuan tersebut!

Pilih Mobil yang Populer

Jika Anda ingin harga jual mobil tetap tinggi untuk mobil second, Anda sebaiknya pilih mobil yang memang populer. Mobil yang populer entah karena pamor, tampilan ataupun kemampuan mesinnya, biasanya bisa menjaga harga jual second tinggi. Mobil yang seperti ini contohnya Innova dan Xenia di era tahun 2018 – 2019. Sekarang model – model mobil baru tentu terus muncul, jadi popularitas ini bisa berganti.

Hal yang menjadi masalah untuk harga jual tinggi menurut mobil yang populer ini adalah perubahan. Semisal beberapa tahun lalu Anda membeli mobil yang populer. Tapi saat menjual 2 atau 3 tahun setelah menggunakan, popularitasnya bisa turun. Hal seperti ini biasanya perlu pendapat ahli. Membaca majalah otomotif dan melihat penilaian review-nya, akan membantu Anda memprediksi popularitas kendaraan tersebut ke depannya.

Kondisi Mobil Masih Baik

Syarat yang paling pasti agar bisa jual mobil second dengan harga tinggi adalah kondisinya yang baik. Kondisi kendaraan yang akan dijual lebih baik mendapatkan service terlebih dahulu. Service ini melibatkan tampilan luar dan dalam agar semuanya benar – benar tampak baru.

Setelah menjalankan semua ini, Anda bisa mempromosikannya dengan foto – foto terbaru setelah servis dan bahkan menawarkan test drive. Hal ini tentu bukan masalah, mengingat tampilan mobil sudah kembali baik dan untuk test drive performa mobil pasti akan prima setelah service.

Umur Tidak Di Atas 5 Tahun

Semua barang akan mengalami penurunan nilai saat sudah makin tua. Hal ini juga terjadi saat Anda ingin jual mobil second. Jika Anda menunggu sampai mobil rusak untuk menjualnya, harga mobil tersebut bisa jatuh. Selain itu, untuk mobil keluarga, tiap tahunya model dan seri baru akan muncul. Menjual mobil Kijang keluaran tahun 2010 tentu akan berbeda dengan menjual yang seri 2016.

Jadi untuk memastikan Anda bisa jual mobil tersebut dengan harga tetap tinggi, Anda harus pastikan umurnya tidak di atas 5 tahun. Pilihan 5 tahun di sini telah dihitung dari perkembangan teknologi otomotif dan juga penggunaan rata – rata mobil. Pada tahun ke 5 setelah penggunaan, mobil biasanya masih cukup prima dan bekerja dengan baik. Tentu hal ini untuk penggunaan normal dan mobil tidak pernah kecelakaan.

Orang yang melihat penggunaan baru 5 tahun juga berpikir hal ini masih baru. Bagi Anda sebagai pemilik, menggunakan mobil selama 5 tahun tentu sudah puas dan siap membeli baru dari uang hasil jualnya. Menggunakan dasar ini, pilihan angka umur penggunaan ini tentu masuk akal.

Memiliki Catatan Service dan Riwayat Perbaikan

Jika Anda ingin para pembeli mempercayai Anda sebagai penjual, tentu catatan resmi dari tempat service akan membantu Anda. Riwayat perbaikan dari tempat servis di dealer resmi tentu sering ditawarkan. Hal ini bisa berupa pembukuan, struk pembayaran servis dan bahkan buku catatan khusus yang memang sudah di sediakan oleh dealer servis.

Catatan dan informasi dari pihak resmi ini tentu akan membantu pembeli melihat kondisi mobil sesungguhnya. Penjual yang berani memberikan info seperti ini biasanya lebih di hargai, jadi walaupun Anda menawarkan harga jual tinggi, para pembeli tidak keberatan karena info kondisi mobil valid.

Jadi kesimpulannya, biasanya meminta catatan kondisi, perbaikan dan info lain seputar mobil dari tempat servis resmi mobil Anda. Ikuti juga jadwal servis yang rutin untuk menjaga kondisi mobil Anda. Hal ini nantinya akan berguna untuk tetap untung jual mobil second Anda.

Ketahui Target Pasar Anda

Tips yang terakhir ini adalah penyesuaian harga untuk tempat menjual. Jika menjual di area kota Anda misalnya, harga jual tentu akan berbeda dibandingkan menjual di internet. Di kota Anda saingannya tentu tidak seganas di internet dan tentunya tiap kota akan memiliki mobil favorit berbeda.

Contoh saja Jawa mungkin banyak yang mencari Avanza, Innova dan sejenisnya, tapi di area seperti Irian Jaya, mobil yang bisa off road dan melewati jalan tanah dengan lancer mungkin lebih populer untuk kebutuhan pergi ke pelosok. Karena preferensi bisa berbeda, pastikan harganya juga menyesuaikan walaupu tetap bisa dipatok tinggi.

Sekian bahasan tips – tipsnya. Mudah – mudahan artikel ini dapat membantu Anda jual mobil second dengan harga yang tinggi. Terima kasih sudah membaca!

Tags: No tags

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *